Rabu, 16 Januari 2019

Tips Perawatan Mobil Panjang Umur

Mobil baru Kamu bisa bersi kukuh dalam kondisi mesin yang masih prima, mesikipun telah menempuh jarak yang sangat jauh (apabila diukur melewati speedometer), apabila Kamu konsisten untuk rutin meperbuat perawatan dengan teratur dan benar. Tidak hanya meperbuat perawatan dan service mobil dengan cara teratur, gunakanlah rutin sparepart yang original alias orisinil alias nilai yang terbaik, yang hampir sama dengan saprepart yang aslinya.

Tips Perawatan Mobil Panjang Umur

Anda bisa meperbuat perawatan / service mobil dengan cara individual (sendiri) maupun di bengkel mobil resmi alias bengkel yang mempunyai lisensi dan reputasi yang lumayan baik. Umpama bengkel mercy / services mercy / services mercedes. Perawatan yang diperbuat dengan cara individu membutuhkan satu pengetahuan khusus, yang didukung dengan buku manual mengenai mobil yang kami tangani, dan pengalaman yang lumayan dalam menangani kerusakan ataupun perawatan berkala mobil. Tidak lupa, kelengkapan peralatan juga turut menentukan dalam meperbuat perawatan pada mobil kita.

Tanpa adanya itu semua, sebaiknya kami mengangkat mobil kami ke bengkel mobil terdekat, yang pastinya mempunyai keterampilan yang lebih daripada kita. Berikut merupakan berbagai panduan untuk meperbuat perawatan berkala pada mobil Anda, mengenai apasaja yang wajib Kamu periksa selagi servis, dan juga dengan memperhatikan waktu alias jarak tempuh mobil Anda.

1. Perawatan 5000 Km
Gantilah oli mesin Kamu setiap kali telah menempuh jarak 5000 km. Filter oli sebaiknya diganti pada saat pergantian oli. Saat Kamu mengganti oli mobil Anda, periksalah panel-panel alias semua komponen mobil Kamu yang mengandung cairan, periksalah filter udara, tekanan ban, selang-selang karet dan belt. Tidak hanya itu, periksa juga kabel-kabel aki dan terminal-terminal, hindarkan panel-panel tersebut dari korosi. Faktor ini bisa diperbuat dengan menyikatnya dengan sikat kawat alias kertas gosok.

2. Perawatan 8000 - 16000 Km
Perbuatlah perawatan sepeti pada perawatan 5000 km. Konsentrasi perawatan terletak pada ban mobil Anda. Perbuat spooring dan balancing pada ban mobil Anda, tiap kali menempuh jarak 8000 sampai 16000 km. Ini bakal menolong memperpanjang usia ban mobil Anda. Ban dengan kondisi yang terbaik hendaknya diletakkan di bagian roda depan mobil. Periksa tekanan ban mobil Kamu dengan cara teratur dan juga perhatikan tanda-tanda ban mobil yang telah aus alias rusak dan telah tidak pantas pakai.

3. Perawatan 24000 Km
Perbuat perawatan semacam pada perawatan no. 1 dan no. 2 di atas. Gantilah filter udara setiap 24000 km. Filter udara yang baru dan bersih bakal makin menambah keiritan bahan bakar mobil Anda. Filter udara yang kotor bakal menyebabkan jalannya mesin menjadi kasar dan tersendat. Pada perawatan bagian ini periksalah bantalan pada sistem rem mobil Anda. Periksalah minyak rem dan tambahlah apabila terbukti diperlukan. Minyak rem wajiblah bening dan sesuai dengan kebutuhan sistem rem mobil Anda. Apabila Kamu perhatikan suara bising saat Kamu meperbuat pengereman alias terjadi getaran, faktor ini bisa sehingga dikarenakan sebab bantalan rem wajib segera diganti. Dalam faktor ini, jangan tunda lagi, segeralah ganti dengan bantalan yang baru.

4. Perawatan 48000 Km
Periksalah isi minyak dari panel transmisi mobil Anda. Dalam buku panduan pemilik mobil telah tertulis info mengenai jenis-jenis minyak yang dipakai untuk mobil Anda. Dalam buku manual tersebut juga berisi mengenai langkah-langkah pergantian minyak tersebut. Seusai diganti, perbuatlah tune up pada mobil Anda. Gantilah semua busi dan kabelnya.

5. Perawatan 80000 Km
Gantilah cairan pendingin pada sistem pendingin mesin mobil Anda. Untuk langkah-langkah pergantian cairan pada radiator, bacalah petunjuk yang tersedia pada buku panduan mobil Anda.

Panduan perawatan yang telah ditata menurut jarak tempuh mobil Kamu semacam di atas sebaiknya diperbuat dengan cara teratur. Pada tiap perawatan di km yang lebih lanjut, jangan lupakan perawatan di km level yang sebelumnya. Adanya pembatasan jarak tempuh untuk perawatan tersebut merupakan batas jarak maksimal yang sebaiknya butuh diperhatikan, supaya hasil perawatan yang diperbuat kepada mobil Kamu bisa tercapai dengan maksimal. Kalaupun rutin ke bengkel resmi semacam bengkel mercy / tempat services mercy / services mercedes tidak persoalan.