Minggu, 28 November 2021

7 Alat Kesehatan yang Wajib Dimiliki

Pandemi kali ini menyadarkan kita bahwa betapa pentingnya memiliki beberapa alat kesehatan. Bukan hanya obat-obatan yang perlu disiapkan di rumah, alat kesehatan pun sangat dibutuhkan ketika keadaan genting. Contohnya ketika suhu tubuh naik atau demam. Demam menjadi hal yang mengkhawatirkan di masa pandemi ini. Pasalnya, salah satu ciri Covid-19 adalah munculnya demam. Oleh sebab itu, perlu adanya alat kesehatan di rumah seperti termometer digital omron yang berguna untuk memantau suhu tubuh. Yuk, simak alat-alat kesehatan lainnya yang wajib dimiliki ini!

7 Alat Kesehatan yang Wajib Dimiliki

1.      Termometer. Demam dapat dialami oleh siapapun dan kapanpun. Termometer sebagai alat pengukur suhu tubuh sangat diperlukan untuk memantau suhu tubuh secara teratur. Sehingga, apabila suhu tubuh sudah mencapai angka yang cukup tinggi, Anda dapat langsung mencari pertolongan medis.


2.      Inhaler dan nebulizer. Alat ini berguna dan sangat diperlukan khususnya untuk penderita asma. Inhaler dan nebulizer berfungsi sebagai penanganan reaksi alergi pada pernapasan sehingga napas menjadi lebih lega. Cara kerja kedua alat ini yaitu mengubah obat alergi menjadi uap sehingga mudah dihirup.


3.      Tensimeter. Pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi wajib memiliki alat ini. Dengan memiliki tensimeter di rumah, Anda dapat mengukur atau memantau tekanan darah tanpa harus ke dokter. Bukan hanya untuk penderita hipertensi saja, namun siapapun perlu memiliki alat ini sehingga apabila tekanan mencapai batas normal, dapat diantisipasi sejak dini.


4.      Tabung oksigen. Tabung oksigen berguna untuk penderita stroke, gagal jantung, asma, dan penyakit kronis lainnya. Alat ini paling banyak dicari pada masa pandemi. Bahkan menjadi alat yang langka. Oleh sebab itu, Anda perlu mengantisipasinya sejak dini.


5.      Pulse oximeter. Salah satu alat yang paling banyak dicari saat pandemi ini berfungsi untuk memantau saturasi oksigen dalam darah. Alat ini juga berguna untuk penderita asma dan gangguan pernapasan lainnya. Kadar oksigen normal dalam darah yaitu 95-100 persen.


6.      Timbangan. Alat ini tidak hanya diperlukan untuk mereka yang sedang menjalani diet saja karena timbangan berfungsi untuk memantau perubahan berat badan. Sehingga, apabila Anda merasa ada perubahan berat badan yang tidak normal, dapat Anda konsultasikan langsung dengan dokter.


7.      Glukometer. Alat ini sangat berguna untuk penderita diabetes untuk memantau kadar gula darah. Cara pemakaiannya cukup praktis. Alat ini dilengkapi jarum kecil steril untuk mengambil dan menampung sampel darah. Dengan begitu, kadar gula darah dapat dikontrol supaya tidak ada kenaikan atau penurunan yang signifikan.


Jika Anda ragu dan bingung harus membeli alat yang mana dahulu, maka Anda dapat memilih termometer digital Omron yang dapat Anda temukan pada laman https://www.omronhealthcare-ap.com/id/product/267-mc-720/. Termometer dengan kualitas yang bagus tentu menjadi pilihan yang utama. Semoga bermanfaat!